22 Oktober 2014

Mengenal Custom ROM dan Hal-Hal yang Harus kamu Perhatikan Sebelum Flashing ROM

Bosan dengan tampilan ROM bawaan? Fiturnya terbatas? Update gak terjamin? Tinggalan Stock ROM dan beralihlah ke Custom ROM. Apa itu? Simak penjelasan lebih lengkapnya disini yaa..
    Mengenal Custom ROM dan Hal-Hal yang Harus kamu Perhatikan Sebelum Flashing ROM


    Apa alasanmu memilih Android ? Banyak aplikasi/game? Fitur hiburan yang lengkap? Atau karena Android adalah sistem operasi yang terbuka dan membebaskanmu untuk ngoprek sesuka hati? Saya termasuk salah satu pengguna Android yang cukup geek, artinya, saya tidak menggunakan Android untuk fitur hiburan semata seperti foto-foto selfie, check-in location, share moment di Path, dll. Ngoprek Android adalah hal yang menantang. Ngoprek Android pun memiliki tujuan yang beragam. Seperti kustomisasi tampilan, peningkatan kinerja, supaya versi OS lebih up to date hingga aktivitas yang cukup mainstream namun tergolong agak ektrem yaitu flashing atau install Custom ROM .

    Apa itu Custom ROM ? Custom ROM merupakan sebuah firmware pihak ketiga yang dapat diinstal pada smartphone ataupun tablet Android. Custom ROM biasanya hadir dengan performa yang lebih baik ketimbang ROM bawaan dan juga menyuguhkan berbagai macam fitur menarik. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menginstal Custom ROM di Android:

    1. Perlu Gak SIh?

    Mengenal Custom ROM dan Hal-Hal yang Harus kamu Perhatikan Sebelum Flashing ROM

    Sebelum flashing Custom ROM di Android, coba dipikir-pikir lagi apakah kamu benar-benar butuh? Jika OS Android yang ada dismartphone Android mu sekarang masih versi lama (sebut saja ICS) dan kamu ingin upgrade ke OS yang lebih baru (Jelly Bean atau Kitkat), flashing Custom ROM adalah pilihan yang tepat. Sesuaikan dengan Custom ROM yang berbasis OS Android terbaru tersebut. Sementara itu jika kamu berencana menginstal custom ROM karena ingin menghapus aplikasi bawaan pabrik, maka lebih baik Anda melakukan rooting saja dan kemudian menghapusnya melalui aplikasi Root Explorer atau Titanium Backup. So, pilih dengan bijak yaa.

    2. Update dan Fitur

    Mengenal Custom ROM dan Hal-Hal yang Harus kamu Perhatikan Sebelum Flashing ROM

    Tahukah kamu, vendor smartphone/tablet Android jaman sekarang itu cukup pelit merilis update OS Android terbaru untuk perangkat rilisan lamanya. Kalaupun dapat, pasti sangat telat dan ujung-ujungnya kita bosan untuk menunggunya. Solusi untuk mendapatkan update OS terbaru dengan cepat adalah flashing Custom ROM. Fitur-fiturnya oun bahkan lebih kaya dari ROM bawaan pabrikan

    ROM Android bawaan pabrik biasanya akan mendapatkan update sistem operasi lebih lama ketimbang custom ROM. Namun update tersebut sangatlah stabil karena sudah melalui beberapa tahapan tes terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada para penggunanya. Seperti fitur multi window, screen recording, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, tidak semua Custom ROM itu sestabil ROM bawaan. Terkadag ada beberapa menu yang tidak bisa kamu akses, biasanya ROM ini adalah versi alpha yang masih butuh banyak perbaikan. So, jika kamu memang tertarik untuk menggunakan Custom ROM, pilihlah yang keluaran terbaru dan dikembangkan oleh developer yang cukup terpercya, misalnua Cyanogen dan MIUI.

    3. Masalah Garansi

    Mengenal Custom ROM dan Hal-Hal yang Harus kamu Perhatikan Sebelum Flashing ROM

    Apa konseksuensi dari flashing Custom ROM di gadget Android? Salah satunya adalah hangusnya garansi. Kok bisa? Soalnya beberapa manufaktur mengharuskan kamu untuk meng-unlock bootloader terlebih dahulu sebelum menginstal custom ROM. Oleh karena itu, ketika terjadi masalah pada perangkat, maka pihak manufaktur biasanya akan menyalahkan custom ROM tersebut sehingga kamu tidak bisa mengklaim garansi.

    Namun jangan terlalu skeptis dan khawatir berlebihan dan menjadikan hal ini sebagai alasanmu untuk tidak mencoba Custom ROM. Flashing Custom ROM sangat kecil kemungkinannya akan merusak hardware (asal mengikuti tata cara instalasi dengan tepat). Jika Custom ROM yang kamu pakai bermasalah, kamu bisa menggunakan Custom ROM lainnya yang lebih stabil dan minim bugs .

    4. Gadget Androidmu Udah Mendukung Custom ROM?

    Mengenal Custom ROM dan Hal-Hal yang Harus kamu Perhatikan Sebelum Flashing ROM

    Nah ini yang cukup penting untuk kamu perhatikan. Sebelum flashing atau install custom ROM, pastikan smartphone/tablet Android yang kamu pakai itu mendapat dukungan penuh dari developer alias pengembang ROM tersebut. Developer biasanya memilih smartphone yang cukup ternama serta memiliki banyak pengguna. Jika kamu menggunakan gadget Android lokal atau dari vendor yang kurang ternama, kecil kemungkinan kamu akan mendapatkan Custom ROM yang bagus dan berkualitas. RRaji-rajin aja main ke forum developer android seperti XDA developer untuk mengetahui berbagai jenis Custom ROM yang cocok untuk gadget Androidmu. Jadi, apakah gadget Androidmu sudah mendukung Custom ROM yang kamu inginkan?

    5. Menggunakan Custom ROM Berarti Tak Luput dari Bugs dan Masalah

    Mengenal Custom ROM dan Hal-Hal yang Harus kamu Perhatikan Sebelum Flashing ROM

    Bugs adalah semacam gangguan pada Custom ROM yang menyebabkan beberapa menu tidak atau kurang berfungsi dengan baik. TTiada Custom ROM tanpa bugs, yang perlu kita perhatikan adalah meminimalisasi bugs yang ada dengan rutin melalkukan update dari developer. Berbagai bugs yang biasanya ditemukan:
    • Aplikasi yang tidak berjalan sempurna karena sang pengembang tidak melakukan pengetesan terlebih dahulu, hasilnya terdapat beberapa aplikasi yang mengalami force close.
    • Masalah kompabilitas hardware, yaitu masalah yang berkaitan dengan driver hardware. Banyak custom ROM yang tidak bisa menjalankan aplikasi semacam kamera, Bluetooth, FM radio, GPS, dan yang lainnya karena ketidak tersediaan driver untuk sistem operasi yang lebih baru.
    • Daya tahan baterai yang buruk. Tekadang, ROM bawaan manufaktur jauh lebih baik dalam menghemat daya tahan baterai dibandingkan dengan custom ROM karena custom ROM tidak bisa memanfaatkan secara penuh hardware yang ada. Bahkan, terkadang terdapat custom ROM yang justru menambahkan aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga menghabiskan baterai dengan cepat.

    sumber : http://playtoko.com/hub/mengenal-custom-rom-dan-hal-hal-yang-harus-kamu-perhatikan-sebelum-flashing-rom.4505/ 

    0 komentar:

    Posting Komentar

    tayangan

    Diberdayakan oleh Blogger.