12 Januari 2013

Fungsi Rahasia Tombol Scroll pada Mouse


Fungsi Rahasia Tombol Scroll pada Mouse 

Sebuah mouse pada umumnya dilengkapi 3 buah tombol yaitu: klik kanan, klik kiri, dan tombol scroll yang berada di tengah. Dari ketiga tombol tersebut yang paling selalu digunakan hanyalah tolbol klik kanan dan kiri. namun, tahukah Anda bahwa tolbol scroll yang berada di tengah ternyata memiliki fungsi-fungsi yang sangat membantu kegiatan Anda ketika menggunakan komputer. Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini fungsi rahasia tombol scroll pada mouse:

1. Menutup Tab Browser Dengan Cepat
Arahkan kursor mouse pada tab yang ingin Anda tutup kemudian tekan tombol scroll mouse. Tab akan tertutup tanpa langsung meng-klik tanda X pada tab browser.

2. Membuka Tab Baru
Klik scroll mouse pada area tab yang masih kosong maka tab baru akan terbuka tanpa harus menekan tanda + pada tab. Fungsi ini juga berlaku jika Anda ingin membuka sebuah link pada tab yang baru, Anda tinggal mengarahkan kursor mouse ke link tersebut lalu tekan tombol scroll, link yang ingin Anda tuju akan terbuka pada tab baru.

3. Membuka Kumpulan Link Bookmark Sekaligus
Cara tercepat untuk membuka situs-situs favorit yang telah Anda bookmark yaitu dengan melakukan klik di folder bookmark dengan menggunakan scroll mouse. Secara otomatis semua link-link situs favorit yang ada di folder tersebut akan terbuka seluruhnya. Anda tidak perlu lagi membukanya satu per satu, karena jika bookmark Anda berjumlah banyak akan memakan banyak waktu.

4. Scroll Otomatis Dokumen Atau Halaman  
Jika Anda sedang membaca sebuah artikel yang panjang di Word, Excel, Adobe reader, Firefox atau yang lainnya, maka untuk melakukan scrolling Anda bisa memanfaatkan fitur autoscroll dengan cara tekan dan tahan sebentar tombol scroll mouse. Anda bisa menggerakkan dan melakukan scrolling halaman yang sedang Anda buka hanya dengan sedikit menggerakkan mouse ke atas atau ke bawah tanpa harus memutar – mutar tombol scroll.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.