10 Januari 2013

Cara Mudah Melakukan "Searching" Di Google




Jika kita melakukan pencarian di mbah Google, kadang kita merasa kesulitan untuk mencari hasil yang kita inginkan. Disini kita akan mempelajari Tehnik2 pencarian di Google yang saya dapatkan melalui beberapa blog, dan website2 lainnya.

1. Mencari dengan menulisnya secara spesifik
Coba cari kata dengan secara spesifik. Misal dengan mencari sesuatu yang berhubungan dengan cinta, kita membutuhkan sesuatu yang spesifik mungkin itu tipsnya, atau jenisnya, atau definisinya. Disitulah kita tulis entah itu "tips cinta", "jenis cinta" dan yang lainnya secara spesifik

2. Gunakan kata-kata berbeda tapi artinya sama
Jadi jika pencarian informasi anda tidak kunjung berhasil coba pikirkan kata-kata lain yang kiranya artinya sama. Trik google yang satu ini membutuhkan kemampun anda dalam berbahasa, dalam artian lainnya sinonim.

3. Menggunakan kalimat tanya.
Sering kali kita menggunakan kalimat tanya untuk melakukan searching atau pencarian di Google. Dengan menggunakan kalimat tanya, hasil yang didapatkan juga relevan. Misal:
- Apa itu pemrograman
- Kapan hari kemerdekaan Indonesia
- Dimana terjadinya gerhana bulan

nb: Diakhir kalimat bisa ditambahkan tanda tanya "?"

4. Pencarian Google dengan menggunakan “tanda kutip”
Tehnik ini cukup ampuh dalam melakukan pencarian, dan hasilnya lumayan akurat dalam melakukan searching atau pencarian. Misal:
- "Lingkungan Hidup"
- "Sumber Daya Alam"
- "Gunung Meletus"

5. Tekhnik kutip ("..."), plus(+), min(-)
Disini saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan tehnik ini, karena dengan tehnik ini, bisa digunakan untuk melakukan searching atau pencarian di Google secara spesifik. Sebelumnya kita sudah melihat tehnik menggunakan tanda kutip seperti contoh di no.4. Sekarang kita bisa kombinasikan tehnik tersebut dengan menambahkan tanda (+) atau (-)
Misal ketikkan kata2 dibawah ini:
-"Bom" +Hiroshima
-"Bom" +TNT
Penjelasan: Di Google, banyak sekali informasi mengenai Bom, tapi jika kita ingin mencari secara spesifik, kita bisa gunakan tanda (+) untuk menambah hasil dari pencarian tersebut.

Sedangkan jika kita mengetik:
-"Bom" -Hiroshima
Penjelasan: Kita mencari suatu kata yang berhubungan tentang Bom, tetapi tanpa memasukkan informasi mengenai Hiroshima.

6. Informasi di internet itu bukan hanya website 
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “
Misal:
Pemrograman Java filetype:pdf
Penjelasan: Kita melakukan pencarian dengan kata Pemrograman Java tapi dengan bentuk file bertipekan pdf.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.